BAGIAN C
C.1 Evaluasi Capaian Kinerja PS
(1) pelaksanaan evaluasi capaian kinerja PS: waktu pelaksanaan, mekanisme, dan pihak-pihak yang terlibat;
(2) hasil evaluasi capaian kinerja: keberhasilan dan ketidakberhasilan, dan
(3) tindak lanjut.
C2. Permasalahan dan Pemecahan Praktis
Permasalahan yang dihadapi oleh PS dan pemecahannya, yang mencakup
(1) tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; (2) mahasiswa; (3) sumber daya manusia; (4) keuangan, sarana dan prasarana; (5) pendidikan;
(6) penelitian; (7) pengabdian kepada masyarakat; dan (8) luaran dan capaian tridarma, dengan mengikuti format Tabel C.2.
C.3 Program Pengembangan
Program pengembangan PS yang mencakup (1) tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; (2) mahasiswa; (3) sumber daya manusia; (4) keuangan, sarana dan prasarana; (5) pendidikan; (6) penelitian; (7) pengabdian kepada masyarakat; dan (8) luaran dan capaian tridarma.
C.1 Evaluasi Capaian Kinerja PS
Pelaksanaan evaluasi capaian kinerja PS-PBSI dilakukan setiap akhir semester oleh LP3M malalui Audit Mutu Internal (AMI). Mekanisme evaluasi dilakukan dengan cara PS mengisi kinerja melalui http://spm.unila.ac.id/spmi/borang-penilaian dan dilakukan observasi langsung secara ofline. Ruang lingkup penilaian meliputi Standar Pendidikan, Standar Penelitian, Standar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Standar MBKM, Standar Tata Pamong, dan Standar Greenmetric. Dalam penilaian ini pihak-pihak yag terlibat yaitu tim monitoring AMI LP3M, Tim Penjamin Mutu Fakultas, Ketua PS PBSI, dan Tim Penjamin Mutu PS. Hasil evaluasi akan menggambarkan ketercapain kinerja PS dan kinerja PS yang perlu ditingkatkan. PS-PBSI hasil evaluasi tahun 2022 menunjukkan bahwa kinerja PS-PBSI sudah baik. Selanjutnya, hasil evalusi tersebut menjadi bahan evaluasi UPPS untuk ditindaklanjuti pada tahun ajaran berikutnya. Tim auditor AMI juga akan memberikan saran-saran perbaikan yang mesti ditindaklanjuti oleh PS dan UPPS.
Selain itu, PS PBSI juga melakukan evaluasi kinerja pembelajaran secara periodik yakni di awal, tengah, dan akhir semester. Pada awal semester ketua PS dan TPMPS mengecek persiapan perkuliahan seperti RPS, absensi, LCD proyektor, jumlah kursi, dan penyejuk ruangan. Pada tengah semester PS mengecek kesiapan dosen-dosen untuk melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS). Pada akhir semester PS mengecek kesiapan UAS, pengisian laporan pelaksanaan perkuliahan di Siakadu, pengisian nilai di Siakadu, dan daftar hadir perkuliahan. Selain itu, pada akhir semester juga dilakukan pengukuran kepuasan mahasiswa melalui kuisioner terkait pelaksanaan pembelajaran, sarana, dan prasarana. Dalam evaluasi PS ini, pihak-pihak yang terlibat terdiri atas ketua PS, TPMPS, dosen, dan mahasiswa. Hasil evaluasi ini menjadi bahan tindak lanjut untuk perbaikan pada semester berikutnya.