Home » Ruang Baca » Hakikat Masalah Penelitian (4)

Hakikat Masalah Penelitian (4)

Pertimbangan praktis

 

Cohen et.al. (2000) memberi saran yang membantu bahwa skala pertanyaan penelitian bergantung pula pada “keputusan arah” (hlm. 74), yaitu keputusan yang “akan menetapkan pagar-pagar batas atau parameter penelitian”, yang memberi arah pada penelitian. Ketersediaan waktu untuk melaksanakan penelitian, misalnya, akan memengaruhi jenis pertanyaan penelitian (yakni, masalah penelitian) yang bisa dijawab, juga biaya yang dianggarkan untuk meneliti. Biasanya biaya dihemat sesedikit mungkin; maka, masuk akal untuk tidak menggunakan survei nasional, yang memerlukan biaya perjalanan. Pada sisi lain, penelitian dapat dilaksanakan dengan anggaran amat kecil dengan memanfaatkan surat elektronik atau kuesioner temu muka alih-alih mengirimkan daftar tanya lewat pos; dan dengan mewawancarai sejumlah kecil responden supaya biaya perjalanan dan—lebih penting lagi—alokasi waktu ditekan serendah-rendahnya. Mestilah dicamkan salinan wawancara lisan sangat boros waktu, khususnya jika perlu penerjemahan antarbahasa.

Demikianlah, untuk penelitian selama enam bulan, setahun, atau tiga tahun, yang dilaksanakan oleh seorang peneliti, jenis pertanyaan yang dapat diajukan mesti berjawab di dalam rentang waktu itu. pertanyaan seperti “Apakah efek diberlakukannya Strategi Melek Huruf Nasional pada siswa sekolah dasar di Inggris?” bisa berjawab dengan penelitian penilaian berskala besar oleh sekelompok peneliti dalam masa beberapa tahun. Tidak bijak seorang peneliti yang berusaha menjawab pertanyaan seperti itu dengan jatah waktu setahun atau bahkan tiga tahun. Pertanyaan itu bisa diubah agar tertangani oleh seorang peneliti menjadi “Apakah perubahan kurikulum yang diakibatkan oleh pemberlakuan Strategi Melek Huruf Nasional pada sekolah dasar di [pilih sebuah kota kecil]?” atau “Apakah pendapat guru tentang Strategi Melek Huruf Nasional dan dampaknya terhadap kurikulum sekolah dasar di sekolah di [pilih wilayah perdesaan tertentu]?”.

Ingatlah bahwa kendala waktu dan sumber daya cenderung memengaruhi paradigma yang berfungsi dalam penelitian. Kajian berskala kecil jarang mengajukan pertanyaan mengenai “efek” dalam penelitian pendidikan karena pertanyaan serupa itu membutuhkan percobaan acak terkendali (ada kelompok kendali dan kelompok eksperimen dengan pengambilan sampel secara acak untuk dua kelompok itu) demi kesahihan dan keterandalan maksimal meski bisa saja dilaksanakan percobaan acak terkendali berskala kecil. Lebih dari itu, pertanyaan tentang “efek” terletak di dalam suatu paradigma ilmiah, yang berasumsi bahwa efek “intervensi” dapat diukur dengan keadaan nyata. Di dalam paradigma yang lebih humanistik, penelitian condong mengajukan pertanyaan mengenai sikap atau nilai; mengenai hakikat suatu persoalan; dan mengenai kenyataan suatu situasi. Kecenderungan seperti itu tidak wajib Anda ikuti: Anda boleh saja merancang percobaan atau eksperimen terkendali untuk dilaksanakan dalam alokasi waktu, misalnya, satu tahun; seperti halnya suatu penelitian berskala besar dan makan waktu lama boleh mengajukan pertanyaan evaluative. Sidang pembaca yang tertarik pada beragam paradigma di bidang penelitian pendidikan dan ilmu sosial dipersilakan merujuk kepada bagian pertama buku Researching Education (Meneliti Pendidikan) karangan Scott dan Usher (1999).

Masih ada nasihat lebih jauh mengenai cara mengarahkan pertanyaan penelitian, yang dapat membantu untuk menetapkan hakikat pertanyaan penelitian di dalam Cohen et al. (2000:83—85). Sebuah perbedaan pokok antara pendekatan buku yang And abaca ini dengan pendekatan Cohen et al. adalah bahwa yang disebut terakhir senantiasa merujuk pada “pertanyaan penelitian”, sedangkan buku ini melihat bahwa penting untuk membedakan pertanyaan utama penelitian dari pertanyaan subsider.

[Sumber: Andrews, Richard. 2003. Masalah Penelitian. London: Continuum. Bab I: Hakikat Masalah]


1 Comment

  1. vodice…

    I do believe all the ideas you have presented on your post. They’re very convincing and will certainly work. Still, the posts are very short for starters. May you please extend them a little from next time? Thanks for the post….nn1nn1

Comments are closed.